LP2M UIN Salatiga Gelar Workshop Manajemen Jurnal dan Pelatihan OJS 3

SALATIGA-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Salatiga menggelar Workshop Manajemen Jurnal dan Pelatihan Open Journal System 3. Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Grand Wahid Salatiga selama tiga hari, Rabu-Jumat (30/8-1/9). “Jurnal ilmiah yang terindeks secara nasional dan internasional adalah nafas dari perguruan tinggi. Maka dari itu perlu pelatihan dan evaluasi terus-menerus terkait pengelolaannya yang melibatkan tim berpengalaman,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama UIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur saat membuka kegiatan.

Dirinya menilai adanya open journal system mempermudah para akademisi untuk menghasilkan jurnal ilmiah, “Adanya sistem online membuat pengerjaan jurnal lebih ringan dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih mudah diakses.” Dr. Sidqon juga berharap agar kegiatan yang diikuti oleh dosen pengelola jurnal dan mahasiswa itu bisa mendatangkan banyak manfaat.

Ketua LP2M UIN Salatiga, Hammam, Ph.D menambahkan bahwa akademisi dituntut untuk mampu beradaptasi atas perubahan yang terjadi. “Kampus sejatinya dikenal karena tulisan/hasil publikasi para akademisinya. Oleh karena itu kita perlu mengelola jurnal dengan profesional sehingga karya kita dapat diakui secara internasional,” jelasnya lebih lanjut.

Selain pemaparan materi yang disampaikan oleh Kepala Pusat Publikasi dan tim Rumah Jurnal UIN Salatiga (Faizal Risdianto, M.Hum., Agung Guritno, M.Pd., dan Yoris Maretta, M.Pd.), workshop juga diisi dengan paparan perkembangan jurnal yang dikelolal UIN Salatiga, brainstorming pengelolaan jurnal, serta evaluasi.