Kenalkan PPKS, PSGA Ajak Mahasiswa Baru UIN Salatiga untuk Berani Speak Up Terhadap Kekerasan Berbasis Gender

SALATIGA-Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Salatiga berkesempatan mengenalkan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) kepada mahasiswa baru (maba). Pengenalan tersebut digelar pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fair, Selasa (28/8).

Kepala PSGA UIN Salatiga, Aprilian Ria Adisti, M.Pd. memberikan sosialisasi kepada maba terkait PPKS dan PSGA UIN Salatiga secara langsung. “Alhamdulillah di kampus kita sudah ada PSGA yang mewadahi penanganan kasus kekerasan seksual. Kita juga telah memiliki Peraturan Rektor terkait langkah-langkah pencegahan dan penanganan kekerasan seksual,” katanya.

Dirinya berharap para mahasiswa bisa mewaspadai terjadinya kekerasan seksual. “Semoga kegiatan ini bisa menjadikan mahasiswa lebih waspada sehingga kasus kekerasan dapat berkurang, baik di luar maupun di dalam kampus,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, PSGA juga membuka stand yang mengusung tema “Stop Kekerasan Berbasis Gender”. Di stand tersebut, mahasiswa mendapat penjelasan mengenai topik-topik yang selaras dengan tema yang diusung serta menulis berbagai pesan bagi penyintas kekerasan seksual. (PSGA UIN SAGA | ed: nhl)