Meriah! Sivitas Akademik UIN Salatiga Gelar Upacara Kemerdekaan RI dengan Berbagai Baju Adat Nusantara

SALATIGA-Sivitas akademika Universitas Islam Negeri Salatiga yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, tenaga keamanan, tenaga kebersihan, dan perwakilan mahasiswa mengikuti Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8). Upacara yang digelar di halaman Gedung KH. Hasyim Asyari Kampus III tersebut berlangsung khidmat sekaligus meriah karena para peserta upacara mengenakan berbagai baju adat nusantara.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan oleh Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy, disebutkan bahwa Peringatan Kemerdekaan RI hendaknya dipenuhi dengan rasa syukur atas karunia Allah SWT. Menteri Agama juga mengajak seluruh peserta upacara untuk mengisi kemerdekaan dengan kinerja terbaik agar terus melaju menuju Indonesia maju.

Lebih lanjut, disampaikan pula pentingnya peran Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia. “Prestasi para siswa madrasah dan sekolah
agama yang telah diraih harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa
depan dan persaingan global,” kata Prof. Zakiyuddin membacakan sambutan Menteri Agama.

Selain itu, Menteri Agama juga menekankan pentingnya menguatkan semangat toleransi dan koeksistensi untuk bisa hidup bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika, “Kita bersyukur Indeks Kerukunan Umat Beragama terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, ikhtiar membumikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Moderasi Beragama harus terus diintensifkan demi terus tumbuhnya komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti kekerasan, dan penghormatan atas budaya dan tradisi.”

Pada kesempatan itu dilakukan pula penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 14 ASN di lingkungan UIN Salatiga.

Daftar ASN yang memperoleh Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya:

  1. Prof. Dr. Muh. Saerozi, M.Ag., tanda kehormatan 30 tahun
  2. Dra. Sri Suparwi, M.A., tanda kehormatan 30 tahun
  3. Dra. Siti Muhtamiroh, M.SI., tanda kehormatan 30 tahun
  4. Tri Wahyu Hidayati, M.Ag., tanda kehormatan 20 tahun
  5. Norwanto, S. Pd, M.Hum.,Ph.D., tanda kehormatan 20 tahun
  6. Dr. Budi Sunarso, S.Pd.,M.Pd., tanda kehormatan 20 tahun
  7. Dr. Faqih Nabhan, S.E., M.M., tanda kehormatan 20 tahun
  8. Yedi Efriadi, M.Ag., tanda kehormatan 20 tahun
  9. Tejo, S.E., tanda kehormatan 20 tahun
  10. Qi Mangku Bahjatulloh, Lc, M.Si., tanda kehormatan 10 tahun
  11. Rr. Dewi Wahyu Mustikasari, M.Pd., tanda kehormatan 10 tahun
  12. Eva Palupi, S.Psi., M.Si., tanda kehormatan 10 tahun
  13. Fahrudin, S.H.I, tanda kehormatan 10 tahun
  14. Evy Laily Musalimah, S.Pd.l., tanda kehormatan 10 tahun