Jadi Rujukan, UIN Salatiga Terima Benchmarking ZI MAN 1 Kudus

SALATIGA-Universitas Islam Negeri Salatiga menerima kunjungan benchmarking Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus, Senin (2/9). Kedatangan tim ZI MAN 1 Kudus disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Salatiga, Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto; Kepala Satuan Pengawasan Internal UIN Salatiga, Dr. Ruwandi; Kepala Bagian Umum dan Akademik UIN Salatiga, Hidayatur Rohman, M.Sc.; Ketua Tim Kerja OKH UIN Salatiga, Diyah Rochati, M.H., dan tim Zona Integritas UIN Salatiga.

Kepala MAN 1 Kudus mengatakan bahwa pihaknya memang sudah berniat untuk belajar pembangunan ZI di UIN Salatiga. “Terima kasih sudah menerima kedatangan kami dengan baik. Saya harap hari ini kami mendapat banyak pencerahan mengenai pengelolaan ZI,” ujarnya dalam sambutan pembukaan.

Prof. Asfa Widiyanto mengatakan bahwa adanya predikat ZI di kampus UIN Salatiga dapat membantu untuk tertib administrasi dan memberikan pelayanan yang baik, “Singkatnya, dengan adanya ZI, kami bisa menjalankan tata kelola kampus yang baik.”

Dirinya mengatakan adanya ZI mendorong perubahan-perubahan positif di UIN Salatiga, “Alhamdulillah setelah mendapat predikat ZI, kami bisa mencapai banyak prestasi. Rekognisi yang kami dapat tidak hanya dari tingkat nasional melainkan juga di tingkat global. Buktinya pada tahun akademik 2024/2025 ada 142 mahasiswa asing dari berbagai negara yang mendaftar di UIN Salatiga.”

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan benchmarking ZI tersebut dapat menjadi ajang belajar bersama. “Belajar itu bisa dari mana saja. Tidak ada hierarki dalam belajar. MAN 1 Kudus bisa belajar dari UIN Salatiga, begitu pula sebaliknya. Semoga majelis kita hari ini bisa menciptakan kebaikan bagi semua,” pungkasnya.

Kepala SPI UIN Salatiga, Dr. Ruwandi, menambahkan harapan agar lebih banyak siswa MAN 1 Kudus yang melanjutkan ke UIN Salatiga, “Semoga kunjungan ini menarik lebih banyak siswa MAN 1 Kudus untuk kuliah di UIN Salatiga.”

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan isian materi dari Ketua Tim Kerja OKH UIN Salatiga, Diyah Rochati, M.H. terkait langkah-langkah untuk mendapatkan predikat ZI menuju WBK/WBBM.