Hadir di PBAK, Gus Muwafiq Minta Maba UIN Salatiga Teruskan Gerakan Para Wali

SALATIGA-KH. Ahmad Muwafiq hadir pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri Salatiga Tahun Akademik 2024/2025, Senin (19/8). Gus Muwafiq yang pernah menjadi asisten pribadi Presiden keempat RI, KH. Abdurrahman Wahid tersebut menyampaikan beberapa pesan kepada 2517 mahasiswa baru yang memenuhi Gedung Auditorium dan Student Center Prof. Dr. H. Achmadi.

“Mahasiswa adalah pribadi independen yang bebas memilih. Kampus itu sejatinya hanya memfasilitasi proses belajar mengajar, maka dari itu mahasiswa harus aktif untuk mencari ilmu dan pengalaman,” ujarnya.

Gus Muwafiq menilai mahasiswa adalah bagian dari estafet kehidupan yang perlu melanjutkan kebaikan yang telah dirumuskan para pendahulu, “PTKIN, termasuk UIN Salatiga adalah kawah candradimuka yang menanggung keberlanjutan hidup berbangsa, bernegara, dan beragama. Sudah semestinya mahasiswa PTKIN meneruskan gerakan para wali membangun konsep hidup bersama yang berkualitas.”

Selain mendapat materi dari KH. Ahmad Muwafiq, mahasiswa baru UIN Salatiga juga mendapat materi pengenalan konsep Green Wasathiyah Campus dari Ketua Majelis Lingkungan Hidup PMW Jateng, Dr. M. Sobri.

PBAK UIN Salatiga dilaksanakan selama dua hari, mulai Senin-Selasa (19-20/8). Kegiatan diisi dengan materi pengenalan akademik, kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan pentas seni.