2517 Mahasiswa Baru UIN Salatiga Ikuti PBAK, Rektor Minta Tingkatkan Sifat Kompetitif dan Komparatif

SALATIGA-Sebanyak 2517 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Salatiga mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2024/2025. “Selamat datang, ahlan wa sahlan para calon pemimpin masa depan yang akan meneruskan perjuangan,” ujar Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy di hadapan peserta PBAK yang berkumpul di Gedung Auditorium Prof. Dr. H. Achmadi, Kampus III, Senin (19/8).

Pada kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan bahwa hanya ada 24,7% pemuda di Jawa Tengah yang bisa melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi, “Syukurilah bahwa Anda termasuk anak-anak yang beruntung. Belajarlah dengan giat sehingga bisa merampungkan studi tepat waktu. UIN Salatiga akan menyediakan layanan belajar yang inklusif untuk semua.”

Lebih lanjut, Prof. Zakiyuddin meminta para mahasiswa baru untuk terus mengasah sifat kompetitif dan komparatif. “Kompetitif artinya mahasiswa UIN Salatiga harus punya daya saing, sedangkan komparatif artinya mahasiswa UIN Salatiga harus bisa lebih baik dari mahasiswa lainnya. Sebagai mahasiswa yang ada di Kota Salatiga, sudah seharusnya Anda bisa berkolaborasi dan bersinergi mendukung toleransi yang ada di kota ini. Tunjukkan bahwa Anda dapat memberi dampak positif pada lingkungan,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh PJ Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani. “Selamat datang di kota Salatiga yang terkenal sebagai kota pendidikan. Selamat berbaur dan menjadi bagian dari Salatiga. Saya tunggu kontribusi Anda semua untuk membangun Salatiga,” katanya.

Selain itu, Yasip juga menekankan pentingnya mahasiswa bisa berinovasi dan memanfaatkan teknologi, “Mahasiswa perlu kritis terhadap keadaan. Tetapi kekritisan tersebut harus disalurkan dengan benar dan cerdas. Manfaatkan teknologi digital untuk menyampaikan pendapat, buatlah inovasi untuk membantu pembangunan daerah dan nasional.”

PBAK UIN Salatiga dilaksanakan selama dua hari, mulai Senin-Selasa (19-20/8). Kegiatan diisi dengan materi pengenalan akademik, kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan pentas seni. (nhl)