UIN Salatiga Gelar Wisuda ke-6, Pertama Kali Luluskan Mahasiswa Program Doktoral

SALATIGA-Sebanyak 860 wisudawan/wisudawati menghadiri Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke-VI Universitas Islam Negeri Salatiga, Sabtu (20/7). “Alhamdulillah, hari ini adalah salah satu wisuda bersejarah UIN Salatiga karena wisuda hari ini adalah wisuda pertama yang meluluskan mahasiswa program doktoral,” ujar Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy dalam sambutannya.

Dirinya berharap ilmu yang didapat para wisudawan bisa membawa manfaat baik bagi diri sendiri dan umat. “Mendapat gelar sarjana adalah langkah awal untuk mencapai kesuksesan. Setelah ini Anda dapat melanjutkan kuliah ke jenjang magister dan doktoral, Anda juga bisa memulai karir dan berbisnis. Tetapi jangan lupa untuk terus menuntut ilmu, karena dengan kekayaan ilmu yang kita miliki, kita bisa tetap rendah hati dan tidak sombong,” pesannya.

Prof. Zakiyuddin juga menyampaikan bahwa kampus UIN Salatiga akan terus berupaya untuk meningkatkan layanan pendidikan bagi masyarakat, “UIN Salatiga saat ini telah memiliki satu prodi di jenjang doktoral, di masa yang akan datang tentu akan disediakan lebih banyak prodi pada jenjang tersebut. UIN Salatiga juga membuka kesempatan bagi siapa saja untuk belajar, karena sejatinya belajar adalah hak semua orang. Kami berupaya untuk terus berinovasi guna menyelenggarakan kampus inklusif.”

Ketua Panitia Wisuda, Prof. Dr. Saerozi, M.Ag., dalam laporannya menyebutkan bahwa pada wisuda ke-VI tersebut ada dua wisudawan lulus dari program pascasarjana strata tiga, 35 wisudawan lulus dari program pascasarjana strata dua, dan 823 wisudawan lulus dari program sarjana strata satu.

“Wisudawan terbanyak periode kali ini datang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan total 304 wisudawan. Disusul oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan total 230 wisudawan, Fakultas Dakwah dengan total 136 wisudawan, Fakultas Syariah dengan total 93 wisudawan, dan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora dengan total 60 wisudawan,” urai Prof. Saerozi.

Dari 860 mahasiswa yang diwisuda, sebanyak 575 diantaranya adalah wisudawati dan sisanya adalah wisudawan. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan mengatakan bahwa UIN Salatiga telah mewisuda sebanyak 23.463 mahasiswa yang tersebar di berbagai tempat, “Sejak masih berstatus sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo di Salatiga hingga hari ini, sudah ada sebanyak 23.463 orang yang lulus dari UIN Salatiga.” (nhl)